Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 6)

5

Januari 11, 2016 oleh sivuun

Oke Langsung aja liat kunci jawaban Uji kompetensi bab 6 di bawah ini :

 

1.Jelaskan ancaman militer yang paling mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pada saat ini?
-Ancaman dari segi militer yang persatuan dan kesatuan negara Indonesia adalah gerakan separatisme, terorisme, konflk komunal/antar suku bangsa.

2.  Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!

-Di era dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi akan sangat mudah masuknya pengaruh ideologi lain sehingga apabila warga negara tidak mempunyai ketahanan ideologi yang kuat akan sangat mudah dipengaruhi masukanya ideologi lain melalui berbagai faktor seperti gaya hidup glamor dan hedonisme, perilaku individualisme dan sebagainya. Hal ini dapat mengancam nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Jelaskan strategi Bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman-ancaman yang bersifat nirmiliter di bidang ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya?

a. Bidang Ideologi. Upaya dalam menghadapi dan menghindari ancaman ideologi yaitu dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah pengaruh ideologi
lain terhadap ideologi Pancasila dan konsepnya ditempatkan dalam upaya bela negara.
b. Bidang politik
1) Strategi pertahanan dalam bidang politik yaitu ditentukan oleh kemampuan sistem politik dalam menanggulangi berbagai bentuk ancaman dalam kehidupan politik Bangsa Indonesia.
2) Menjalani kehidupan politik bangsa dan bernegara yang berlandaskan
demokrasi Pancasila yang dapat memelihara stabilitas politik yang sehat dan dinamis serta dapat menerapkan politik luar negeri yang bebas-aktif.
c. Bidang ekonomi
Strategi dalam menghindari berbagai ancaman di bidang ekonomi diantaranya adalah.
1) Untuk meneghindari ancaman ekonomi internal adalah memprioritaskan kebijakan berupa penciptaan lapangan kerja padat karya sebagai solusi mengurangi kemiskinan, pembangunan infrastruktur, penciptaan iklim yang sehat, dan pemilihan teknologi tepat dan baik sebagai solusi pemerataan kerja.
2) Untuk menghindari berbagai ancaman ekonomi eksternal adalah negara Indonesia harus mampu membangun dan menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain terutama dalam tatanan ekonomi-politik dunia.
3) Dalam unsur pertahanan militer untuk menghindari ancaman ekonomi adalah mengembangkan pilihan yang strategis untuk membantu unsur utama dari pertahanan nirmiliter tersebut. Keterlibatan lapisan pertahanan militer diwujudkan dalam meningkatkan usaha pertahanan dalam menciptakan kondisi keamanan nasional yang aman dan terkendali, untuk membantu kelancaran distribusi kebutuhan pokok, terutama di daerah-daerah pedalaman yang belum bisa dijangkau oleh transportasi umum.
d. Bidang Sosial Budaya
Untuk menghadapi pengaruh dari luar yang bisa mengancam kelangsungan hidup sosial budaya, negara berusaha memelihara dan menjaga keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam, manusia dengan masyarakat sekitar, manusia dengan Tuhan yang diyakininya, keseimbangan lahir dan batin.

4. Menurut kalian seberapa kuatkah kekuataan TNI/Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara?

-TNI/Polri tidak bisa menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar sendirian. Karena jumlah TNI yang sangat terbatas sedangkan wilayah negara indonesia sangat luas. Oleh karena itu, harus ada peran kita sebagai warga negara dalam upaya pertahanan keamanan

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?

a. Berusaha melerai dan mencegah jika tawuran akan terjadi.
b. Tidak ikut atau menghindar jika tawuran pelajar terjadi karena hat tersebut merugikan kedua belah pihak
c. Segera melaporkan kepada pihak berwajib atau pihak sekolah agar tawuran pelajar dapat di hentikan karena ini dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan dapat menimbulkan korban jiwa.

 

Semoga Bermanfaat Kawan…:D

Lihat Juga

  1. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 1)
  2. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 2)
  3. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 3)
  4. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 4)
  5. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 5)
  6. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 6)
  7. Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 7)

5 thoughts on “Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 6)

  1. febrina simatupang berkata:

    makasih bgt, sangat membantu 🙂

    Suka

  2. Tiara berkata:

    Terima kasih, amat sangat membantu..

    Suka

  3. Arul berkata:

    Kebanyakan sat kaga ada intinya kasian buat yang disuruh guru tulis tangan

    Suka

Tinggalkan komentar

Kategori

Arsip Post